PERTEMUAN 4
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti materi pada pertemuan ke-4 ini mahasiswa mampu
mengenal berbagai macam aplikasi pendidikan yang menjadi unggulan, dan bisa
mengenal software-software lainnya, sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya.
B. URAIAN MATERI
Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah digunakan didunia pendidikan
Indonesia sejak lama. Berbagai institusi pendidikan saling bersaing untuk
memanfaatkan teknologi seperti membangun jaringan internet, sistem
pembelajaran online (e-learning), infrastructure penggunaan hardware, pengadaan
software, dsb.
Pendidikan yang pada awalnya bertatap muka antara siswa dengan guru
tentunya kemungkinan besar di masa yang akan datang akan beralih menjadi
bertatap layar yang kita sering sebut E-learning. Dampak E-learning terhadap
metode pendidikan masa yang akan datang yaitu pendidikan bersifat lebih luwes
(fleksibel), lebih terbuka. Materi-materi pembelajaran yang ada bisa di akses oleh
siapa saja. Jaringan informasi sangat menentukan arah dan bentuk pendidikan
masa mendatang. Pendidikan yang memungkinkan adanya interaksi, kolaborasi
serta tidak berorientasi pada gedung sekolah.
1. Perubahan Pola Pendidikan
Memasuki abad ke-21 perubahan pada dunia pendidikan cenderung
terjadi, hal ini disebabkan oleh munculnya inovasi dunia pendidikan yang terus
berkembang.
B. Uno pada tahun 2010 berkata bahwa pendidikan terutama di
Indonesia akan mengarah kepada hal berikut :
a. Mulai dikembangkannya pendidikan secara terbuka, seperti saat ini
berlakunya kampus merdeka dalam menjalankan proses belajar mengajar.
b. Sharing resource dimana adanya kegiatan yang dilakukan bersama antara
lembaga pendidikan dengan sekelompok perpustakaan yang tergabung
Universitas Pamulang Teknik Informatika
Komputer dan Masyarakat 40
dalam sebuah jaringan yang memiliki tujuan mengurangi biaya
pengembangan koleksi dan meningkatkan layanan.
c. Penerapan teknologi multimedia terbaru untuk menggantikan teknologi
lamanya, seperti televisi atau radio.
Perkembangan teknologi dan informasi mempunyai pengaruh besar
terhadap dunia pendidikan. Perubahan pada metode pendidikan yang
disebabkan oleh perkembangan teknologi dan informasi misalnya metode
kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Selain kegiatan belajar mengajar jarak
jauh, mahasiswa dapat mengecek nilai, biaya kuliah, jadwal kuliah, ataupun
tugas. Kemudahan dalam dunia pendidikan yang disajikan oleh perkembangan
TIK ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan siswa
maupun mahasiswa.
Pemanfaatan teknologi pembelajaran jarak jauh disebut sebagai Elearning. Metode belajar ini merupakan proses belajar mengajar secara online.
Peserta didik dapat belajar mandiri berbasis kreativitasnya masing-masing yang
dilakukan melalui E-learning dimanapun dan kapapun mereka dapat
mengaksesnya asal terhubung dengan jaringan. E-learning diharapkan dapat
membuat siswa lebih mengeksplorasi kemampuan mereka dan ilmu
pengetahuan mereka.
2. Platform Pembelajaran Online
Saat ini dengan adanya pandemic Covid-19, masyarakat tidak boleh
melakukan perkumpulan dan belajar mengajar dilakukan semua secara daring
atau online. Tentu saja hal ini sangat mengganggu kelancaran kegiatan proses
belajar mengajar yang sedianya rutin diadakan 5 sampai 6 kali setiap minggu.
Maka untuk menghindari hal tersebut, metode kegiatan belajar mengajar jarak
jauh sangat memungkinkan untuk dilaksanakan. Kegiatan belajar mengajar
jarak jauh ini menggunakan jaringan internet. Metode tersebut yaitu E-learning.
Keuntungan dari E-learning misalnya sumber ilmu atau sumber pengetahuan
dapat dari siapa saja yang mau membagikan ilmunya yang ada dari berbagai
belahan dunia. Dalam proses belajar menggunakan metode e-learning, peserta
didik dapat berinteraksi dengan pakar, baik itu melalui email, mailling list, news
group, world wide web (www), serta memanfaatkan fasilitas seperti: e-book, elibrary.
Universitas Pamulang Teknik Informatika
Komputer dan Masyarakat 41
Berberapa aplikasi atau platform yang menyediakan metode
pembelajaran secara e-learning antara lain sebagai berikut :
a. Microsoft Office 365
Dalam aplikasi ini menggunakan email dengan domain dari sekolah.
Microsoft memberikan kemudahan untuk dapat mengakses secara realtime
aplikasi seperti MS.Word, Ms. Excel, Power Point, dan sebagainya.
Kelebihannya antara lain :
1) Fitur selalu up to date dan diperbaharui tanpa biaya tambahan.
2) Hasil kerja dapat disimpan pada cloud storage OneDrive 1TB.
3) Dapat menyimpan data kapan saja dan dari mana saja karena
mendapatkan bonus 1TB cloud storage.
4) Dapat fasilitas free call skype selama 60 menit setiap bulan.
5) Dapat diakses lebih dari 1 PC.
6) Dapat dukungan penuh dari office melalui chat, email dan telepon.
Kekurangan aplikasi microsoft office 365 :
1) Harus berlangganan dan membayar biaya langganan sesuai ketentuan
pihak microsoft office 365.
2) Harus selalu terhubung dengan internet agar mendapatkan update fitur.
b. Aplikasi Ruang Guru
Aplikasi Ruang guru sering beredar di komersial televisi, mereka
banyak menggencarkan program-program belajar secara online melalui
bimbingan online-nya. Layanan kelas virtual, video belajar berlangganan,
platform ujian online, marketplace les privat, serta materi-materi pendidikan
lainnya merupakan fitur aplikasi ini yang bisa diakses melalui web dan
aplikasi.
Kelebihan aplikasi Ruang Guru :
1) Penampilan menarik.
2) Materi belajar yang cukup lengkap.
3) Tampilan dan kualitas video yang bagus.
4) Pembelajaran tidak membosankan siswa karena siswa cukup menonton
saja.
5) Tersedia rangkuman materi yang mudah dipahami.
Universitas Pamulang Teknik Informatika
Komputer dan Masyarakat 42
6) Terdapat kuis dalam video yang dapat membantu penyerapan materi
oleh siswa.
7) Fitur latihan soal yang dapat membantu penyerapan materi oleh siswa.
8) Terdapat sosial media yang mendukung interaksi antar siswa.
9) Terdapat tutor online dan kelas belajar streaming.
10) Terdapat konseling gratis.
Kekurangan aplikasi Ruang Guru :
1) Volume bantuan suara terlalu tinggi.
2) Antarmuka masih tampak terlalu ramai.
3) Penyampaian video terlalu childish untuk siswa SMA.
4) Terlalu banyak iklan promosi yang muncul.
c. Rumah Belajar
Adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh siswa untuk belajar
online, yang dibuat dan dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan (Kemendikbud). Dengan memanfaatkan teknologi, siswa
memiliki alternatif lain untuk tetap belajar karena aplikasi ini juga
menyediakan berbagai sumber ilmu pengetahuan. Fitur yang ada pada
aplikasi ini sama seperti kelengkapan sekolah dalam bentuk online. Aplikasi
ini dapat digunakan secara gratis. Aplikasi rumah belajar bisa diakses di
laman belajar.kemendikbud.go.id melalui mobile maupun PC.
Kelebihan aplikasi rumah belajar adalah :
1) Berbagai macam konten yang dibuat sangat menarik.
2) Bisa digunakan secara offline maupun online.
3) Dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang jelas.
4) Sangat interaktif.
5) Gratis.
6) Menampilkan nilai hasil kerja siswa sehingga siswa makin tertantang.
7) Terdapat penjelasan soal-soal yang dapat dipelajari siswa.
8) Terdapat percobaan untuk mata pelajaran matematika dan tidak hanya
untuk mata pelajaran IPA.
9) Semua planet dapat diexplore pada wahana antariksa.
10) Diklat online menyenangkan.
11) Terdapat diklat di berbagai daerah yang diupdate.
12) Diklat untuk memperkaya keprofesional para pendidik.
13) Guru diberi kebebasan untuk mengkreasi kelas semenarik mungkin.
14) Penilaian tugas, kuis dan latihan yang menarik.
15) Aplikasi mudah dipahami.
Kekurangan aplikasi rumah belajar adalah :
1) Materi belum semuanya tersedia.
2) Terbatasnya pilihan buku yang dapat diunduh.
3) Sulit menuliskan soal pada bank soal.
4) Bank soal belum terlink ke kelas maya.
5) Masih terbatasnya jumlah percobaan pada fitur laboratorium.
6) Tidak semua budaya disajikan pada peta budaya.
7) Web sangat berat pada saat membuka fitur antariksa.
8) Tidak semua diklat bisa diikuti, khususya diklat yang berada di luar
daerah.
9) Sulit menulis jawaban pada kelas maya yang melibatkan equation.
10) Kelas maya belum terlink ke bank soal.
d. Meja Kita
Aplikasi belajar online meja kita memiliki fasilitas ruang diskusi
untuk interaksi antara siswa dan guru mereka. Materi pembelajaran yang
disediakan oleh aplikasi meja kita yaitu materi jenjang pendidikan SD
sampai SMA. Untuk mengakses materi pembelajaran di meja kita tidak
dipungut biaya. Terdapat banyak catatan yang diupload oleh siswa lain
sehingga memperbanyak materi pembelajaran. Siswa dapat belajar dari
rumah dan sangat mendukung program pemerintah yang mewajibkan
siswa belajar dari rumah pada saat pandemik untuk mengurangi
penyebaran virus corona. Kegiatan diaolog, mengerjakan tugas serta
sharing pengetahuan atau catatan masih bisa dilakukan apabila
menggunakan aplikasi ini meskipun diharuskan untuk belajar dari rumah.
Kelebihan aplikasi meja kita adalah :
1) Siswa bisa bertukar catatan atau rumus dengan siswa lain yang berbeda
sekolah maupun yang berbeda daerah.
2) Terdapat fitur diskusi antara siswa.
3) Mendapatkan penghasilan tambahan bagi siswa yang bisa menjawab
pertanyaan siswa lain atau siswa yang membagikan catatannya ke
aplikasi meja kita.
Kekurangan aplikasi meja kita adalah :
1) Penggunaan aplikasi meja kita mengarah ke bisnis atau bersifat
komersial karena terdapat fitur yang bayar dan membayar.
2) Rentannya menyontek jawaban siswa lain dalam mengerjakan suatu
soal.
e. Edmodo
Aplikasi ini mengutamakan privasi seorang siswa. Pada awalnya
edmodo merupakan platform mikroblogging pribadi yang kemudian
dikembangkan untuk kegiatan proses belajar mengajar siswa dan guru.
Pertukaran catatan, dokumen dan tautan bisa dilakukan antara guru
dengan siswa. Pada aplikasi ini juga seorang guru bisa memberikan tugas,
peringatan serta acara kepada siswa dan guru lainnya.
Kelebihan aplikasi edmodo :
1) Tampilan sederhana sehingga memudahkan pengguna.
2) Dapat membagikan file dengan format PDF, pptx, swf, html, dan
sebagainya.
3) Hadir dalam bentuk aplikasi yang dapat dibuka pada smartphone.
Kekurangan aplikasi edmodo :
1) Tidak terintegrasi dengan berbagai jenis sosial media.
2) Hanya tersedia dalam bahasa inggris.
3) Tidak memilki fasilitas video conference.
f. Moodle
Moodle merupakan platform website untuk e-learning, dimana para
siswa mendapatkan pembelajaran yang telah disediakan dalam kelas
digital. Seorang guru bisa membuat materi pembelajaran, serta tugas
kepada siswa.
Kelebihan aplikasi moodle :
1) Networking dan Security-nya yang dapat diatur sendiri.
2) Ruang akses dapat dibatasi dengan jaringan yang dibuat dan dapat
memiliki hak akses masing-masing.
3) Sistem pembelajaran dapat disesuaikan oleh kebutuhan pengguna.
4) Fitur cukup lengkap dan baik untuk proses pembelajaran jarak jauh.
5) Proses customize yang mudah dan banyak.
6) Terdapat fitur lesson yang sangat fleksible sehingga mempermudah
guru dan dosen untuk mengajarkan sebuah materi.
Kekurangan aplikasi moodle :
1) Harus memiliki pemahaman tentang sistem pada moodle.
2) Perlunya tenaga ahli sebagai administrator untuk pemeliharaan aplikasi
dan pembangunan sistem e-leaningnya.
3) Membutuhkan perangakat yang cukup mahal dalam penggunaannya.
g. SEVIMA EdLink
Aplikasi ini membantu mahasiswa dan dosen untuk berbagi materi
kuliah, tugas serta file lainnya dengan mudah. Dosen bisa membuat forum
diskusi, memberikan tugas kepada mahasiswa. Mahasiswa bisa
memberikan pesan pribadi serta memberikan file kepada dosen maupun
mahasiswa lainnya.
Kelebihan aplikasi SEVIMA EdLink :
1) Terdapat fitur reminder jadwal perkuliahan sehingga pengguna tidak
ketinggalan materi.
2) Terdapat fitur diskusi kelas.
Kekurangan aplikasi SEVIMA EdLink :
Aplikasi sangat tergantung pada kecepatan internet.
h. Google Classroom
Pemberian dan penyelesaian tugas pada aplikasi ini bisa dilakukan
melalui google drive. Pada aplikasi ini pemberitahuan disampaikan melalui
gmail.
Kelebihan aplikasi gogle classroom :
1) Mudah digunakan oleh pemula sehingga proses belajar mengajar lebih
efisien.
2) File tersimpan di dalam google drive sehingga tidak ada kekhawatiran
file hilang.
Kekurangan aplikasi google classroom :
1) Tampilan kurang menarik.
2) Waktu pengiriman tugas dapat diatur, sehingga masih terdapat siswa
yang sengaja mengatur waktu terlambat dalam pengumpulan tugas.
i. Kelas Kita
Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan
pengguna lain karena memiliki fitur sosial. Kelas kita bisa digunakan untuk
membagi materi belajar formal, meningkatkan kemampuan serta keahlian
dengan cara berbagi materi pembelajaran.
Kelebihan aplikasi kelas kita :
1) Siswa dapat memilih kelas sesuai minat sendiri.
2) Terdapat fitur sosial media sehingga siswa bisa berinteraksi.
3) Dapat digunakan oleh berbagai kalangan.
4) Aplikasi gratis.
5) Kelas dapat diatur menjadi kelas umum maupun kelas khusus.
6) Dapat penghasilan tambahan dari hasil kontribusi ikut membuat kelas
gratis.
7) Dapat sertifikat digital.
Kekurangan aplikasi kelas kita adalah :
Penggunaan aplikasi kelas kita bisa mengarah ke bisnis atau bersifat
komersial karena terdapat fitur yang bayar dan membayar.
3. Dampak Metode Pembelajaran Online Terhadap Dunia Pendidikan
Dalam dunia pendidikan, pemanfaatan teknologi juga berdampak positif
maupun berdampak negatif bagi siswa :
a. Dampak positif.
1) E-learning bisa dijadikan metode pembelajaran informal.
Pada era perkembangan ilmu teknologi dan informasi saat ini, e-learning sudah digunakan hampir lebih dari 75% dalam pembelajaran
yang berbentuk informal. Hal ini mengubah pemikiran umum
sebelumnya yang mana e-learning dianggap sebagai metode belajar formal semata, misalnya untuk belajar atau kursus tertentu. E-learning
bisa dikategorikan ke dalam metode pembelajaran informal karena
banyak yang terlibat dalam metode belajar ini, mengalami masalah
dalam beraktifitas sehari-hari sehingga menggunakan metode
pembelajaran online adalah pilihan yang cocok.
2) Dapat mengakses ilmu dari banyak sumber.
Terdapat banyak sumber ilmu pada metode belajar E-learning,
baik konten maupun manusia. E-learning yang merupakan sebuah
aktivitas menggunakan media sosial yang menyediakan pengalaman
serta pengetahuan baru melalui komunitas online sesama pengguna.
Dengan menggunakan metode belajar e-learning maka banyak
kesempatan semua orang untuk saling belajar. Dalam prosesnya, e-learning akan menumbuhkan interaksi sesama pengguna.
3) E-learning mendukung pembelajaran kelompok
Metode belajar e-learning sangat mendukung belajar kelompok.
Hal ini menyebabkan semua anggota dalam group e-learning bisa
belajar bersama dimanapun berada. Pada saat belajar menggunakan elearning, semua anggota kelompok bisa mengikuti belajar kelompok dari
tempat masing-masing dengan cara online.
4) Efisien dalam menggunakan waktu.
Metode belajar e-learning sangat efisien dalam penggunaan
waktu. Pada metode belajar tatap muka, seorang guru akan
menjelaskan terlebih dahulu materi kepada siswa dimana proses ini
akan menyita cukup banyak waktu. Sedangkan dengan adanya proses
e-learning mampu mempersingkat waktu tersebut hingga 70%.
5) Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan.
Biaya yang digunakan pada metode pembelajaran e-learning
sangat murah dibandingan metode tatap muka. Metode pembelajaran elearning tidak membutuhkan biaya transportasi untuk menuju tempat
belajar.
6) Kemudahan mengakses materi belajar.
Materi pembelajaran pada metode e-learning dapat diakses oleh
seseorang kapan saja dan dimana saja saat membutuhkannya. Namun
dengan persyaratan materi tersebut belum dihapus oleh guru.
7) Menjangkau wilayah geogafis yang luas.
Jaringan internet yang luas sangat mendukung metode belajar
e-learning yang digunakan. Sehingga suatu kelas dapat dikuti oleh
siswa dari manapun berada tanpa dibatasi oleh jarak dan geografis
tertentu.
8) Siswa lebih mandiri.
Pada proses pembelajaran menggunakan metode e-learning,
para siswa tidak didampingi secara langsung oleh guru. Oleh sebab itu
siswa akan dilatih dan harus mampu untuk bisa lebih mandiri dalam
belajar. Pada prosesnya, siswa lebih berperan aktif dibandingkan
dengan guru.
9) Siswa diberi kebebasan untuk berkreasi.
Siswa diberi kebebasan untuk berkreasi. Siswa bebas
mengaplikasikan cara belajar masing-masing.
b. Dampak negatif
1) Kuranganya interaksi.
Metode belajar e-learning yang bersifat online dan dari jauh
serta dari tempat masing-masing siswa menyebabkan berkurangnya
interaksi sehingga hal ini bisa membuat siswa kesulitan untuk
bersosialisasi dengan lingkungan luar.
2) Mengabaikan aspek sosial.
Pembelajaran dengan metode e-learning, membuat siswa lebih
terdorong ke aspek komersial dan bisnis dibandingkan aspek sosial dan
akademiknya. Hal ini terjadi karena pada prosesnya siswa hanya
berpaku pada materi belajar tanpa melakukan interaksi dengan siswa
lainnya.
3) Proses belajar cenderung kearah pelatihan dari pada pendidikan.
Pada proses belajar dengan metode e-learning, siswa lebih
terarah ke bentuk pelatihan dari pada pendidikan. Hal ini disebabkan
siswa cenderung menerima materi latihan dan arahan-arahan
dibandingkan dengan pendidikan biasa yang diterima langsung dari
guru.
4) Penambahan tugas untuk pendidik.
Pendidik dituntut untuk belajar mulai dari dasar cara mendidik
menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini sangat
mengganggu kemajuan proses belajar mengajar dibandingkan dengan
metode tatap muka sebelumnya. Pendidik harus benar-benar
menguasai terlebih dahulu teknik mengajar metode e-learning, yang
mana hal tersebut menyita waktu. Berbeda dengan metode tatap muka
yang sebelumnya sudah dikuasai oleh pendidik.
5) Cenderung gagal bagi siswa yang bermotivasi rendah.
Siswa cenderung gagal dalam metode belajar ini apabila tidak
ada motivasi serta semangat dari diri siswa itu sendiri. Pada metode
belajar e-learning proses belajar siswa akan berada di luar pengawasan
pendidik. Hal ini akan berdapak buruk bagi siswa yang semangat dan
motivasi rendah.
6) Tergantung pada jaringan internet.
Salah satu syarat utama agar proses belajar-mengajar metode
e-learning bisa tercapai adalah harus adanya jaringan internet. Tanpa
jaringan internet maka seorang siswa tidak akan bisa mengakses e-learning. Hal ini yang menjadi penghalang bagi siswa yang berada di
daerah yang tidak terjangkau internet.
7) Keterampilan menggunakan internet yang belum cukup
Peserta didik dan pedidik harus bisa menguasai dan memahami
cara menggunakan internet dan teknologi pendukung agar dapat
melakukan belajar mengajar menggunakan metode e-learning.
8) Kurangnya keterampilan komunikasi siswa.
Proses belajar e-learning yang terus menerus akan
menyebabkan keterampilan komunikasi siswa berkurang. Siswa yang hanya berinteraksi dengan siswa lainnya melalui perantara tanpa
berinteraksi langsung. Hal ini tidak bisa mengembangkan keterampilan
komunikasi seorang siswa sehingga seorang siswa akan kesulitan
berkomunikasi apabila berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata.
9) Berkurangnya praktik nyata.
Pada umumnya metode e-learning lebih banyak memberikan
teori dibandingkan praktek. Sedangkan untuk prakteknya sangat
mustahil dilakukan karena pada saat belajar siswa tanpa didampingi
oleh pendidik.
0 comments: